IMPLEMENTASI PEMANFAATAN OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 02 SENDANG
Main Author: | Nurjanah, Asti |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/7084/1/persetujuan%20unggah%20karya.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7084/3/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7084/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7084/5/SURAT%20TUGASS.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7084/11/Halaman%20Depan%202.pdf http://eprints.umpo.ac.id/7084/ |
Daftar Isi:
- Outdoor study merupakan metode pembelajaran dimana pengajar membawa siswa belajar dan mengamati peristiwa di lingkungan sekitar yang sesuai dengan materi yang diajarkan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan siswa serta membuat siswa belajar mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di dalam kelas pada dunia nyata. Di era sekarang ini, masyarakat Indonesia harus memiliki kemampuan literasi yang baik apabila ingin bersaing dengan dunia luar, salah satunya adalah kemampuan literasi numerasi. Tetapi kenyataannya kemampuan literasi numerasi siswa kelas V di SDN 02 Sendang perlu ditingkatkan lagi. Dengan adanya permasalahan mengenai kemampuan literai numerasi yang dihadapi di sekolah mitra, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 02 Sendang melalui pemanfaatan outdoor study. Metode pelaksanaan pada kegiatan outdoor study ini dibagi menjadi 2 tahapan yaitu tahapan observasi dan juga tahapan outdoor study. Peserta atau mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sendang. Kegiatan pengabdian dilakukan selama 4 minggu satu kali pertemuan di setiap minggunya. Hasil dari kegiatn pengabdian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sendang mengikuti kegiatan outdoor study dengan sangat antusias serta implementasi pemanfaatan outdoor studi mampu menumbuhkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 02 Sendang.