ANALISIS PENGUASAAN MATERI SISWA DITINJAU DARI HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI SIARAN RADIO DI RRI KOTA MADIUN PADA PROGRAM NASIONAL BELAJAR DI RRI
Daftar Isi:
- IMROATUL ARDZIYAH: analisis penguasaan materi siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Langkah pertama yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menentukan subjek penelitian melalui kriteria tertentu (purposif) dengan jumlah lima (5) responden penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen tes dengan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisisnya yakni dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan, serta memverifikasi sehingga diperoleh penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Terdapat hasil yang menunjukkan level kognitif siswa mulai dari C1 hingga C6. Hal itu ditunjukkan oleh siswa yang menyesuaikan jenis soalnya. Soal matematika yang bersifat logika jauh lebih mudah terserap siswa. Sedangkan jenis soal perhitungan masih belum maksimal terjangkau para siswa. Sehingga, hasil penelitian ini baru dapat menjamin kemampuan penguasaan materi oleh siswa ditinjau dari hasil pembelajaran matematika melalui siaran radio di RRI Kota Madiun pada program nasional Belajar di RRI berada di level C1 yaitu mengetahui. Oleh karenanya, diperlukan pengembangan mendalam guna optimalisasi pembelajaran matematika di radio.