ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Daftar Isi:
- ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Syafrola Al’aziiz Rauufu Yowanda Putra Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Ponorogo Abstrak Skripsi ini berjudul Analisis Komunikasi Pemasaran Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Ponorogo di Media Sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep dan strategi komunikasi pemasaran dalam media sosial khususnya instagram yang dipakai atau dilaksanakan oleh Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan juga observasi dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah pengelola atau admin dari akun Instagram resmi yang dimiliki Lembaga Penelitian Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu Gladis Sela Agma yang kebetulan juga termasuk kedalam Tim Promosi dari LPMB Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Komunikasi Pemasaran yang digunakan dalam mengelola akun instagram resmi LPMB Universitas Muhammadiah ialah Bauran Pemasaran ( Promotion Mix ) yang merupakan suatu kombinasi strategi yang paling baik dari variable atau unsur-unsur promosi atau komunikasi pemasaran itu sendiri dan untuk strategi dalam perencanaan promosi sampai tahapan promosi menggunakan teknik analisis SOSTAC ( Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics,Action & Control ). Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, SOSTAC, Instagram