ANALISIS EFEK DEPENDENSI MEDIA TERHADAP PEMBACA TERKAIT BERITA TAGAR TWITTER #TOLAKOMNIBUSLAW (Pemberitaan daring di cnnindonesia.com pada 4 Oktober 2020 dan detik.com pada 7 Oktober 2020)
Daftar Isi:
- Ketergantungan media oleh pembaca menjadi perhatian di era new media. Melalui penelitian kuantitatif, peneliti menganalisis tingkat dependensi pembaca terkait berita tagar Twitter #tolakomnibuslaw pada cnnindonesia.com dan detik.com. Analisis secara deskriptif menghasilkan presentase pembaca setuju terhadap adanya efek kognitif setelah membaca berita terkait tanda pagar #tolakomnibuslaw pada cnnindonesia.com dan detik.com lebih besar pada detik.com yaitu 48%. Hal yang sama juga terdapat pada efek afektif dengan presentase setuju juga 48% pada detik.com. Sementara presentase setuju adanya efek behavior setelah membaca berita lebih tinggi pada cnnindonesia.com dengan 42% akan mengikuti perkembangan dengan mencari berita sejenis. Hasil penelitian dapat dijadikan tolak ukur dalam pembuatan berita sejenis hingga menjadi penelitian menggunakan teori yang sama yaitu efek dependensi media oleh Ball-Rokeach dan Melvin DeFleur.