PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA MTS. AS SALAM SOOKO TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: ROCHHAYATUN , AZHARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/68/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/3/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/4/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/5/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/6/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/68/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Azhari, Rochhayatun. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktifitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs. As Salam Sooko. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Erika Eka Santi, M.Si. Kata Kunci: Index Card Match, Aktifitas, Prestasi Belajar. Peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memacu siswa untuk belajar mandiri, kreatif, aktif, dan daya saing yang sehat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko tahun ajaran 2013/ 2014 sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan aktifitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sukosari tahun pelajaran 2013/ 2014? (2) Apakah model pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko tahun pelajaran 2013/ 2014? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs MTs. As Salam Sooko tahun ajaran 2013/ 2014 melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) pada materi faktorisasi aljabar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa tes formatif 1, tes formatif 2, lembar observasi. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar diketahui dari nilai tes formatif, sedangkan aktifitas berdasarkan observasi aktifitas siswa. Persentase ketuntasan klasikal siswa meningkat sebesar 22% dari siklus I ke siklus II sedangkan persentase rata-rata keaktifan siswa dari siklus I sebesar 57,59 % dengan kategori sedang, meningkat menjadi 75,22% pada siklus II dengan kategori aktifitasnya adalah tinggi, dengan peningkatan sebesar 17,63%.