Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo
Daftar Isi:
- Pendidikan penting bagi keberadaan manusia karena memperluas perspektif intelektual dan spiritual. Pendidikan sangat penting tidak hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik atau tubuh manusia, tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan spiritual. Pendidikan harus dimulai sejak usia muda, karena dapat digunakan sebagai cara hidup sampai seseorang mencapai usia tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal al-Qur’an siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo terhadap konsengrasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dengan jumlah populasi 96 siswa dan sampel 30 siswa yang menerapkan hafalan Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Analisis Prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan anatara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan konsentrasi belajar siswa kelas IV,V dan VI MI Muhammadiyah 6 Ponorogo. Hal ini dilihat dari nilai konstanta sebesar 16,987 dan nilai koefisien regresi kemampuan menghafal sebesar 0,755. Dengan persamaan regresi yaitu Y = 16,987 + 0,755X, diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 34,6% ditentukan oleh kemampuan menghafal Al-Qur’an.