PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN, DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DI GALERI INVESTASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Main Author: | Cahya Putri, Lisnadya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6615/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6615/ |
Daftar Isi:
- Di era semakin terus berkembangnya teknologi saat ini, pertumbuhan investor dari generasi muda mulai mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini tidak terlepas dari peran Bursa Efek Indonesia yang telah aktif dalam membagikan informasi mengenai investasi melalui beberapa platform dan mengadakan program kerja sama dengan civitas akademi di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menyediakan Galeri Investasi BEI dengan maksud mengajak dan meningkatkan minat berinvestasi bagi generasi muda khususnya untuk mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini, untuk menguji pengaruh pengetahuan investasi, motivasi, literasi keuangan, dan modal minimal terhadap minat mahasiswa berinvestasi di Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi S1 Akuntansi, Manajamen, dan Ekonomi Pembangunan angkatan 2016-2019 Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang sudah menempuh mata kuliah Pasar Modal dan Portofolio atau Pengantar Pasar Modal sehingga teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah disproportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus perhitungan besaran Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan investasi, motivasi, literasi keuangan, dan modal minimal berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa. Pengetahuan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa, motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa, literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa, dan modal minimal berpengaruh positif signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa. Secara simultan pengetahuan investasi, motivasi, literasi keuangan, dan modal minimal berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa.