PEGON-GLIPH GAME PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ARAB PEGON BERBASIS ANDROID
Main Author: | Hakim Wijaya, Lukman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6543/1/Halaman%20Depan.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/1/Bab%201.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/2/Bab%202.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/3/Bab%203.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/4/Bab%204.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/5/Bab%205.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/6/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/7/Lampiran.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6543/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk merancang game berbasis Android sebagai media pengenalan dan pembelajaran Arab pegon dan mengetahui evaluasi user performa terhadap game edukasi Arab pegon menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Tahapan penelitian terdiri dari lima tahapan, 1) pengumpulan data; 2) perancangan; 3) implementasi; 4) pengujian; 5) pembuatan laporan. Kemudian perancangan produk ini adalah berupa Game Pegon-gliph yang berjalan pada sistem Android dengan memiliki empat fitur utama yaitu fitur materi, fitur latihan, fitur permaianan, dan fitur motivasi, untuk hasil benchmark pengujian UEQ memperoleh nilai good pada kategori novelty, sedangkan pada kategori lainnya seperti attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, dan stimulation, memperoleh penilaian excellent. Sehingga hasil user performa game edukasi Pegon-gliph ini menunjukkan impresi pengguna yang positif.