PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID 19 DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Takeran kabupaten Magetan tahun ajaran 2020/2021 . Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil akhir dari penerapan pembelajaran pendidikan anak usia dini selama pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Dharna Wanita Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif mengenai pelaksanaan pembelajaaran anak uaisa dini selama pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber yang diguanakn yakni guru pendidik, anak serta orang tua dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran yang di gunakan serta pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19. Lokasi yang digunakan untuk penelitian yakni Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sawojajar, Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Tawangrejo dan Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kerang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yakni triangulasi data. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran selama pandemi covid-19 memiliki perbedaan yakni cara menerapkannya. Di masa pendemi covid-19 pelaksanaannya dengan pemebelajaran Daring dan home visit. Pelaksanaan pembelajaran tersebut dilakukan dengan waktu yang berbeda di setiap lembaga. Perencanaan yang digunakan juga mengalami perubahan yakni di masa pandemi covid-19 pembelajaran selalu melibatkan orang tua dalam penerapannya. Selain perencanaan pelaksanaan serta evaluasi yang digunkajan juga mengalami perubahan. Dengan penelitian ini peneliti berharap pada penelitian selanjutnya mampu memberikan solusi serta inovasi agar pembelajaran di masa pandemi covid-19 khususnya untuk pendidikan anak usia dini mampu berjalan secara efektif.