Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Metode Team Quiz, aktifitas siswa, prestasi belajar siswa. Di SMPIT Darut Taqwa Ponorogo, sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran sudah cukup lengkap dan memadai, namun yang menjadi masalah adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII, khusunya pelajaran matematika. Hal ini dapat diketahui dari rendahnya nilai ulangan harian maupun nilai raport. Kondisi ini terjadi karena dalam proses pembelajaran peran guru masih terlalu dominan sehingga mengakibatkan kecenderunagn siswa bersikap pasif. Siswa lebih menunggu apa yang disampaikan guru daripada aktif untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPIT Darut Taqwa Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan metode team quiz pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data tentang aktivitas belajar siswa diperoleh dari observasi dan data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dari tes formatif. Setelah semua data terkumpul, kemudian dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa melalui metode team quiz pada siswa kelas VIII SMPIT Darut Taqwa Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, pada silkus I persentase aktifitas kelas yang diperoleh adalah 66,66 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,77 %. Demikian juga pada presentase prestasi belajar siswa, dari siklus I sebesar 55,55 % mengalami peningkatan menjadi 72,22 % pada siklus II.