Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Main Authors: | Irdina, Siti Hafizah, EKAYANTI, ARTA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6362/1/ARTIKEL%209.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6362/2/PEER%20REVIEW_%20EFEKTIVITAS%20MODEL%20MAKE%20A%20MATCH%20DAN%20TALKING%20STICK%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6362/3/TURNITIN_Efektivitas%20Model%20Make%20a%20Match%20dan%20Talking%20Stick%20Terhadapa%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematika%281%29.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6362/ https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/5433 http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i1.5433 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Juga untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika daripada Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel kelas VIII B dan VIII D dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo sebagai populasi. Kelas VIII B diberi pembelajaran Make A Match dan kelas VIII D diberi pembelajaran Talking Stick. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon, Uji Paired Sample t-Test, dan Uji Mann Withney. Diperoleh hasil bahwa Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Model Pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan Talking Stick.