Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan pembelajaran persamaan garis lurus dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra. Penelitian kualitatif ini mengambil subjek adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan model guided discovery learning berbantuan geogebra dilakukan dengan diawali langkah Stimulation, lalu Problem statement, kemudian Data collection, dilanjutkan Data Processing, lantas Verification, diakhiri dengan Generalization. Bantuan geogebra diberikan saat langkah stimulation dan verification. Hasil penerapan pembelajaran ini adalah partisipasi, kepercayaan diri, dan pemahaman siswa meningkat. Namun demikian, bimbingan dan kreativitas guru sangat menentukan keberhasilan penerapan model guided discovery learning berbantuan geogebra ini.