PENGARUH PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA TOPIK GARIS DAN SUDUT (THE EFFECT OF GEOGEBRA USE ON STUDENTS’ PROBLEM SOLVING SKILLS IN LINE AND ANGLE TOPICS)

Main Authors: Nurfadilah, Umi, SUHENDAR, UKI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/6315/1/3.%20jmpm%20umi%20september%202018.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/6315/2/3.%20peer%20review%20pengaruh%20penggunaan%20geogebra.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/6315/3/3.%20plagiasi%20PENGARUH%20PENGGUNAAN%20GEOGEBRA%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20SISWA%20PADA%20TOPIK%20GARIS%20DAN%20SUDUT.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/6315/
https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik Garis dan Sudut di kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Kelas VIIA diberi perlakuan pembelajaran dengan media GeoGebra dan kelas VIIB diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pretest dan posttest yang berupa soal pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil uji dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa hasil nilai sig.=0,038 lebih kecil dari α sehingga ditolak. Artinya, penggunaan media GeoGebra di kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.