PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA
Main Authors: | SUHENDAR, UKI, EKAYANTI, ARTA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Unmuh Ponorogo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6314/1/2.%20artikel%20dimensi%20uki%20JANUARI%202018.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6314/2/2.%20peer%20review%20problem%20based%20learning.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6314/3/2.%20plagiasi%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20SEBAGAI%20UPAYA%20PENINGKATAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20MATEMATIS%20MAHASISWA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6314/ http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index |
Daftar Isi:
- Pemahaman konsep penting untuk dimiliki mahasiswa, khususnya mahasiswa LPTK. Pemahaman konsep dapat dipengaruhi atau ditingkatkan dengan membiasakan mahasiswa untuk menemukan, mengembangkan, dan menerapkan konsep yang mereka pelajari. Diantara model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Based Learning. Karena mahasiswa memperoleh pemahaman konsep secara ilmiah dengan cara memecahkan masalah dalam dunia nyata secara aktif dengan langkah-langkah yang sistematis. Berdasarkan karakteristik Problem Based Learning, sangat dimungkinkan dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Dikarenakan Problem Based Learning melatih mahasiswa untuk menemukan, mengembangkan, maupun mengaplikasikan konsep yang dimiliki secara aktif dari berbagai sumber pengetahuan dengan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah Problem Based Learning juga dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Dikarenakan Problem Based Learning membiasakan mahasiswa untuk melalui proses-proses pemecahan/penyelesaian masalah agar dapat memahami konsep yang dipelajari