KAJIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DENGAN MODEL PJBL DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Main Author: | TRI ANINDAYATI, ARISTA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6216/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6216/2/ARTIKEL%20ARISTA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6216/3/BUKTI%20SUBMITED%20%28LoA%29.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6216/ |
Daftar Isi:
- Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran, STEM menggabungkan empat bidang utama yaitu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika. Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang mengajarkan konsep melalui sebuah proyek yang berpusat pada siswa agar siswa dapat bekerja secara kreatif dan kolaboratif. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan dan memberikan gambaran beberapa hal yang berkaitan dengan STEM sebagai pendekatan yang dapat mengintegrasikan pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika serta rancangan implementasi pendekatan pembelajaran STEM dengan model PjBL untuk meningkatan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil kajian menunjukan bahwa beberapa kompetensi dasar dalam pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEM berupa aktifitas pembiasaan pendekatan STEM di kelas dan pemberian projek kepada siswa. Dengan demikian pengimplementasian pendekatan STEM pada pembelajaran matematika dapat dilakukan di Indonesia dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta siap menghadapi tantangan dan persaingan di era revolusi industri 4.0 di abad 21 ini.