Daftar Isi:
  • Pengaduan merupakan mengungkapkan suatu aspirasi masyarakat untuk berperan aktif dalam bentuk pengawasan terhadap kinerja sebuah instansi. Laporan maupun pengaduan masyarakat tersebut akan di gunakan untuk mengevaluasi kebijakan dan dan kinerja suatu instansi serta untuk Memberi tahu masalah yang berada didalam masyarakat secara efektif, cepat, dan up to date serta langsung memberikan solusi dan jalan keluar. Penelitian ini dilakukan di instansi Badan Pengelolahan dan Pemeliharan Aset (BPPA) Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam penanggaan pengaduan masih menggunakan sistem manual. Penelitian ini menggunakan alat bantu pengembangan system yaitu Usecase, Data Flow Diagram (DFD), Flowchart, dan User Interface serta memakai Bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database yaitu MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem online yang berbasis Web yang membantu User dan BPPA dalam hal melakukan pengaduan dalam hal pengaduan, merekap data, serta dapat mengatur para teknisi untuk melakukan penangganan.