PENGARUH VARIASI PANJANG KAMPAS GANDA TERHADAP TORSI DAN DAYA MESIN SPEDA MOTOR VARIO 125 TAHUN 2016
Main Author: | Miftakhurrozaq, Miftakhurrozaq |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/6015/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/2/BAB%20I%20.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/6015/ |
Daftar Isi:
- Pada percobaan penelitian eksperimen ini bertujuan meningkatkan performa mesin dengan analisis torsi dan daya menggunakan variasi panjang kampas ganda kopling sentrifugal atau CVT di sepeda motor vario 125 dengan instrument dynotest. Pengujian ini dilakukan lima kali per kampas ganda untuk diambil rata-rata setiap pengujian lalu diambil nilai tertinggi torsi dan dayanya dengan jumlah kampas ganda 3. Variasi panjang kampas ganda 1 merk standart pabrik panjang 4,6 cm, 2 choho panjang 5,6 cm, dan 3 Yamaha 6,6 cm menggunakan kecepatan mulai dari 2000 rpm sampai 9000 rpm. Setelah dilakukan pengujian dynotes, torsi tertingi dihasilkan pada kampas CVT 3 pada RPM 3000 dengan nilai torsi terbaiknya 22,088 N.m. Kemudian daya tertinggi juga dihasilkan pada kampas CVT 3 pada RPM 3500 dengan nilai daya terbaiknya 9.62 K.w. Dari hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa semakin panjang kampas ganda semakin baik perfroma mesin pada putaran bawah.