Daftar Isi:
  • Maharani, Laily Novia. 2020. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Di MTs Negeri 3 Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1. Hadi Cahyono, M.Pd., Pembimbing 2. Ambiro Puji Asmaroini, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apa saja kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri 3 Ponorogo. (2) Mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk sikap nasionalisme siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan yaitu Kepala Sekolah, Guru, Pembina Pramuka, serta Siswa MTs Negeri 3 Ponorogo. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyusun data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian (1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di MTs Negeri 3 Ponorogo antara lain PBB, Pionering, Kemah, Sandi-sandi, Semaphore, Kepanduan, Kode Kehormatan, Sejarah Kepramukaan, Pengertian Salam Pramuka, Penjelajahan, Outbond, Kepemimpinan, Kompas. Dalam pelaksanaannya tidak membuat siswa terpaksa dan turut serta dalam kegiatan rutin setiap hari jum’at. Ekstrakurikuler pramuka mewajibkan seluruh siswa untuk ikut serta terutama siswa baru.(2) Peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk sikap nasionalisme siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo adalah datang tepat waktu, memakai pakaian rapi, khidmat pada saat mengikuti upacara, sopan kepada sesama, menghargai pendapat orang lain, menjaga kekompakkan antar teman, bertanggung jawab dan mampu menolong antar sesama. Dapat menjadi motivasi siswa dan dapat membentuk karakter sehingga tertanam dalam diri siswa.