Daftar Isi:
  • Poster merupakan media visual penyaji informasi, himbauan, larangan, anjuran, pengumuman atau hal lain menggunakan kalimat serta gambar yang bertujuan untuk menyampaikan pesan ataupun produk kepada masyarakat. Poster sendiri memiliki dua macam jenis jika dilihat dari bahan penggunaannya yaitu poster berbahan baru dan poster berbahan bekas. Poster menjadi media perantara pesan antara pemilik usaha atau ide dengan masyarakat yang banyak digunakan sebab dapat terlihat dimanapun terdapat poster khususnya pada tahun 2020 ini dimana virus corona menjadi pandemi diseluruh dunia sehingga banyak poster berisikan cara pencegahan maupun anjuran yang berkaitan dengan Covid-19. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian mendalam dan bertujuan untuk mengetahui isi dari poster berbahan baru dan berbahan bekas berdasarkan teori ATR (Awareness, Trial, Reinforcement) yang terletak di Desa Sukorejo, Lengkong dan Bangunrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Dan hasil penelitian yang didapatkan yaitu penggunaan poster berbahan baru memberikan dampak positif terlihat dari banyaknya poster berbahan baru yang terlihat dijalanan serta usaha kreator desain dan percetakan yang semakin menjamur.