PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Angkringan Cak Jo Klithik Ponorogo)
Daftar Isi:
- Penawaran servicescape digunakan oleh suatu perusahaan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari pesaingnya. Salah satu kafe yang berada di Kota Ponorogo yang menerapkan servicescape yaitu di Angkringan Cak Jo Klithik Ponorogo. Hal ini bertujuan untuk menunjang kepuasan yang dirasakan oleh konsumen yang berkunjung. Adapun dimensi yang diterapkan diantaranya kondisi sekitar (ambient conditions), tata letak ruang & fungsinya (spatial layout and functionality), dan tanda, simbol & artefak (sign, symbol and artefact). Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan konsumen yang berkunjung ke Angkringan Cak Jo Klithik Ponorogo, dan untuk sampelnya ditentukan sebesar 97 responden dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Sedangkan untuk pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Tujuan penelitian ini meliputi: untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan juga simultan variabel kondisi sekitar (X1), tata letak ruang & fungsinya (X2), dan tanda, simbol & artefak (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y) di Angkringan Cak Jo Klithik Ponorogo. Jenis penelitian yang dilakukan tergolong dalam penelitian kuantitatif. Dan untuk menganalisis hubungan diantara variabel serta pengujian hipotesis yang dilakukan secara sistematis, maka alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Dengan bantuan software SPSS 16.0