Daftar Isi:
  • Radio berdiri sebagai suatu bisnis “telinga” yang cukup menguntungkan. Itu artinya, para pendengar tentunya ingin mendengarkan suatu hal yang “easy listening”, menarik, dan berguna untuk telinga mereka. Tentunya radio harus menyajikan lagu-lagu yang enak didengar serta beragam informasi yang berguna untuk para pendengarnya. Radio swasta selain sebagai media yang menjadi sumber hiburan dan informasi bagi khalayak, juga berdiri untuk meraih pendengar sebanyak-banyaknya sehingga aspek rating sangat diperhitungkan sebagai ukuran gengsi suatu radio. Radio menjual jumlah pendengarnya kepada pengiklan Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh radio Gema Surya FM dalam peningkatan jumlah pengiklan; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran pada radio Gema Surya FM dalam peningkatan jumlah pengiklan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang relevan dengan objek penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya radio Gema Surya FM dalam meningkatkan jumlah pengiklan melalui konsistensi, edukasi, sales promotion, direct selling, publicity dan public relation.. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung serta menghambat strategi komunikasi pemasaran yang telah direncanakan. Faktor pendukung antara lain karena radio Gema Surya FM mempunya nama besar dikalangan masyarakat. Sehingga dapat membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Pada akhirnya klien yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan memasang iklan secara kontinu. Serta radio Gema Surya FM mengusung konsep unik serta berbeda dari radio pada umumnya karena radio Gema Surya FM berlandaskan kearifan lokal. Sedangkan factor penghambatnya yaitu banayaknya persaingan media, baik media elektronik, cetak dan bahkan banyaknya berdiri Radio Swasta yang ada di Ponorogo. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Meningkatkan Kepercayaan