Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efek komunitas, gaya hidp hedonis dan self esteem terhadap keputusan pembelian sepeda gunung di Komunitas Sepeda Ponorogo(KSP). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Ponorogo dimana mereka melakukan pembelian sepeda gunung dan berdomisili di daerah Ponorogo. Sampel yang diambil sebanyak 99 orang dengan teknik Sampling Kuota. Untuk pengambilan atau pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yakni wawancara dan penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan dibantu dengan applikasi pengolahan data berupa SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Efek Komunitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda gunung di Komunitas Sepeda Ponorogo, 2) Gaya Hidup Hedonis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda gunung di Komunitas Sepeda Ponorogo, 3) Self Esteem berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda gunung di Komunitas Sepeda Ponorogo dan 4) Ada pengaruh secara simultan dari Efek Komunitas, Gaya Hidup Hedonis, Self Esteem terhadap keputusan pembelian sebesar 41,3%. Variabel Self Esteem merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda gunung di Komunitas Sepeda Ponorogo.