Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurhasanah, PungkiSiti. 2020. MenejemenPembelajaran Daring DimusimPandemi Covid-19(StudiKasus Madrasah IbtidaiyahTerpadu Al-MadinahBalongPonorogoTahunAjaran 2019-20202). Program StudyPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, UniversitasMuhammadiyahPonorogo. Pembimbing: (1) Dr.Nurul Iman, Lc,M. HI, (II) Rohmadi, M.P.I Kata Kunci :ManejemenPembelajaran, Pandemi Covid-19 Madrasah IbtidaiyahTerpadu Al-Madinahmerupakan madrasah yang melaksanakanpembelajaransecara daring di musimpandemi covid-19 ini. Manejemenpembelajarandalamsuatulembagasangatdiperlukandalampencapaiantujuan yang telahdirencanakandenganbaik. Pembelajaranakanberlangsungdenganbaikjikadidalamsuatulembagamenyusunmanajemen yang tepat. Dalamsebuahmanajementerdapatempatfungsi yang harusditetapkandiantaranyaPlanning, Organizing, Actuating danControlingdalamsebuahmenejementidaklepasdarihaltersebutdanharusmemakaifungsi-fungsitersebut agar dapatmencapaitujuanpembelajaran yang baik.Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al-Madinah Balong memiliki manejemen yang baik dalam penerapan sistem pembelajaran daring yang dilakukan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menejemen pembelajaran yang digunakan pada saat musim pandemi covid-19. Menejemen yang digunakan berpengaruh kepada guru atau siswa dalam pelaksanaan KBM yang berlangsung pada saat musim pandemi covid-19 di Madrsah Ibtidaiyah Terpadu Al-Madinah Balong. Peneliti dalam menggali informasi ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengambil tempat di Madrasah IbtidaiyahTerpadu Al-MadinahBalongyang terletak di Ngampel Balong Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis penyimpulakan bahwa (1) Menejemen pembelajaran daring yang dilakukan di MI Terpadu Al-Madinah menerapakan fungsi-fungsi manejemen yakni planning, organizing, actuating dan controllingdengandemikianmakaakanterciptapencapaianpembelajaran daring sesuaidenganperencanaannya. (2) Dampakpembelajaran daring berpengaruhpadasosial, psikologidanekonomi, yang jadidampakutamaadalahanak yang menjadiobjekutamadalampembelajaran daring yang dilaksanakan. (3) Faktor-faktorpenghambatdanpendukung yang adadalampembelajaran daring akanpastiadadalamsuatumenejemenpembelajaran yang sedangdilaksanakanolehsekolah. Faktorpendukungakanberpengaruhbaikdalampembelajaran daring sedangakanfaktorpengahambatakanmempersulitmenejemenpembelajaran yang berlangsung madrasah tersebut.