PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO
Main Author: | Purniasih, Eri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/5662/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/5/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5662/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Eri Purniasih. 2020. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dibimbing oleh Drs. Ahmad Muslich, M.Si dan Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci: Lingkungan Sosial Sekolah, Motivasi Belajar, Deskriptif Kuantitatif Lingkungan sosial sekolah adalah semua yang ada dalam kehidupan sekolah yang berpengaruh dan menunjang proses ketercapaian dari tujuan pendidikan sekolah. Lingkungan sosial sekolah di MI Darul Fikri yang meliputi tempat belajar dan mengajar, karyawan sekolah, teman sekelas dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kedekatan atau perhatian dari para guru kepada masing-masing siswanya sangat penting dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Bringin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan populasinya adalah siswa kelas I-VI MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian berupa uji validitas dan reliabilitas pada angket yang diuji cobakan, kemudian melakukan analisa deskriptif, uji korelasi, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji t diperoleh thitung 7,910 > ttabel 1,984 pada taraf signifikansi 5 %, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan sosial sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Diperoleh R2= 0,470 yang artinya sebesar 47 % variabel lingkungan sekolah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MI Darul Fikri Bringin, sedangkan sebesar 53 % variabel motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor yang lain.