PERAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA DOSEN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada variabel gaya kepemimpinan transformasional yang memoderasi hubungan antara media pembelajaran dan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran media pembelajaran terhadap kinerja dosen dengan gaya kepemimpinan transformasional sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah menggunakan survei dengan pengambilan sampel purposive sampling dengan responden Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Structural Equational Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa H1, persepsi kebermanfaatan media pembelajaran berpengaruh negatif terhadap kelebihan beban kerja. Sedangkan H2, variabel gaya kepemimpinan transformasional memoderasi hubungan antara persepsi kebermanfaatan media pembelajaran dan kelebihan beban kerja.