UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIIi SMP NEGERI 1 PONOROGO

Main Author: Irawati, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/5484/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/3/BAB%202.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/4/BAB%203.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/5/BAB%204.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/6/BAB%205.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5484/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo (2) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan 3 siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan untuk untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi tingkat aktivitas pembelajaran, lembar observasi kemampuan komunikasi matematis lisan, dan lembar post test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) cocok diterapkan pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Ponorogo. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan komunikasi matematis siswa setelah dilakukannya proses pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada proses pembelajaran matematika kelas VIIIi SMPN 1 Ponorogo dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yang awalnya berada pada kategori rendah dapat berada pada kategori tinggi.