PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG

Main Author: Nikmah, Khorotun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/5480/1/Bagian%20Depan.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/7/DATAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/5480/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan Model Discovery Learning dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data yang dilakukan melalui tes pemahaman konsep matematika siswa, observasi kegiatan guru dan siswa. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes pemahaman konsep siswa dan lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong adalah pada awal pembelajaran guru memberikan stimulus berupa gambar atau situasi nyata yang berkaitan dengan materi untuk membantu siswa mengidentifikasi masalah. Kemudian membagi kelompok berdasarkan nilai raport dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi, bertukar jawaban dan mengumpulkan informasi dalam melakukan penemuan. Kemudian memverifikasi kebenaran jawaban yang telah diperoleh. Diakhir pembelajaran guru memberikan penguatan materi dan kuis individu serta membuat kesimpulan materi bersama siswa. (2) Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep matematika siklus 1 diperoleh skor pemahaman konsep pada indikator 1 sebesar 85,0 meningkat 5,0 menjadi 90,0 di siklus 2. Pada indikator 2 dan 3 berturut-turut meningkat 31,6 dan 15,5. Pada indikator 4 dan 5 berturut-turut meningkat 8,4 dan 13,3 di siklus 2.