PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) GEOGEBRA PADA MATERI STATISTIKA TINGKAT SMP/MTS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PONOROGO
Main Author: | Saifudin, Andi Maulana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/5468/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/5468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran perangkat lunak (Software) geogebra untuk materi statistika tingkat SMP/MTs kelas VIII di SMP Negeri 1 Ponorogo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas valid, praktis, dan efektif dari media pembelajaran perangkat lunak (software) geogebra pada materi statistika tingkat SMP/MTs kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Sugiyono level 4. Langkah-langkah pengembangan media terdiri dari: potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, rancangan produk, validasi desain, revisian desain, pembuatan produk, uji coba terbatas, dan revisi produk 1. Obyek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media dan 2 ahli materi sebagai validator untuk uji kevalidan produk dan 30 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ponorogo untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, lembar angket respon siswa, soal pre test dan post test. Sedangkan uji teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dari hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Kevalidan produk dari hasil validator ahli media diperoleh rerata persentase 87,49% dan validator ahli materi diperoleh rerata 89,06%. Kualitas kepraktisan produk dari hasil angket respon siswa diperoleh persentase 87,7%. Hasil uji keefektifan menunjukan bahwa rerata nilai pre test sebesar 43,83% dan pos test sebesar 61,73%. Dari ketiga hal diatas dapat simpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.