PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII E MTsN KAUMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: WAHIDAH, ROHMATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/494/1/cover.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/494/
http://lib.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Wahidah, Rohmatul. 2013. Penerapan pendekatan investigasi untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Intan Sari Rufiana, S.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Investigasi, aktifitas siswa, prestasi belajar siswa Peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memacu siswa untuk belajar mandiri, kreatif, aktif, dan daya saing yang sehat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pendekatan investigasi dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013? (2) Apakah pendekatan investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 melalui pendekatan investigasi pada materi bangun datar layang-layang dan trapesium. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data tentang aktivitas belajar siswa diperoleh dari observasi dan data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dari tes formatif. Setelah semua data terkumpul, kemudian dianalisis Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa melalui pendekatan investigasi pada siswa kelas VII E MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I persentase keaktifan kelas yang diperoleh adalah 73,91% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,90%. Prestasi belajar siswa melalui pendekatan investigai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 52,56% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,30%.