PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA
Main Author: | Wahyudi, Wahyudi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/4900/1/7.%20Artikel%20Prosiding%20Pasca%20UM%20Malang%20%28Agustus%202016%29%20UM%20MALANG.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4900/2/12.%20PEER%20REVIEW%20GABUNGAN%20PROSIDING%20UM%20MALANG%202016.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4900/3/PROSIDING_UM_WAHYUDI.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4900/ |
Daftar Isi:
- Penalaran matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika karena penalaran dan matematika merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Penalaran matematis digunakan untuk menarik suatu kesimpulan dengan benar berdasarkan fakta-fakta atau bukti-bukti yang ada. Pada dasarnya semua materi matematika dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis, antara lain materi persamaan kuadrat. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat untuk siswa SMA. Kemampuan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat dapat dikembangkan dengan empat indikator yaitu: siswa mampu mengidentifikasi bentuk, siswa mampu membuat dugaan, siswa mampu memberikan argumen, dan siswa mampu menarik suatu kesimpulan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat. Deskripsi pengembangan penalaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan penalaran matematis agar siswa mampu memahami dan menguasai materi tersebut dengan dilandasi penalaran. Selain itu, adanya peran guru dalam mengembangkan penalaran diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: penalaran matematis, persamaan kuadrat, metode penyelesaian.