Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untukPmengetahuiLapakahmotivasikerja, disiplinkerjadanlingkungankerjaterhadapkinerja guru padaMTsNSampungPonorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTsNSampungPonorogobaik guru yang sudah PNS ataubelum (pegawaisipil). Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi dan kuesioner. Untuk pengujian instrumen dalam penelitian ini dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial (t), uji serempak (F) dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y), disiplin kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y), lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y)