Daftar Isi:
  • Iklan merupakan salah satu produk media massa. Ada salah satu jenis iklan yaitu iklan elektronik. Iklan elektronik yang penulis ambil merupakan iklan di televisi yaitu iklan Panadol extra – pejuang tangguh “menari” yang tayang pada tahun 2018. Iklan panadol extra – pejuang tangguh “menari” menceritakan tentang seorang laki – laki yang ingin memajukan desanya dengan menari karena desanya kekurangan sumber daya sehingga desanya dikunjungi turis karena desanya mempunyai budaya yang luar biasa, dengan menari desanya bisa tersenyum kembali. Dalam iklan ini menunjukkan beberapa adegan dimana seorang laki – laki itu mempunyai sikap tangguh. Sikap tangguh adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan tangguh. Sama seperti seorang laki – laki desa yang ada pada iklan yang tangguh dan pantang menyerah melatih menari agara desanya tersenyum. Untuk menganalisis iklan ini penulis menggunakan analisis semiotika, semiotika sendiri merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang tanda – tanda. Analisis semiotika digunakan oleh beberapa ahli da mempunyai model atau cara penyusunan sendiri, sedangkan dalam analisis ini penulis menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Kata kunci : iklan, sikap tangguh, semiotika