MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
Main Author: | UTAMI, PRIHMA SINTA |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/4602/1/PROSIDING%20SEMNAS%20PPKn%202017%20PRIHMA%20SINTA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4602/ http://eprints.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Permasalahan besar yang menjadi perhatian bangsa Indonesia saat ini salah satunya adalah dalam hal keberagaman. Tidak dapat dipungkiri keberagaman yang dijumpai di Indonesia memang menunjukkan adanya kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, maupun budaya yang berbeda. Keberagaman masyarakat multikultural yang dijumpai seharusnya menjadi aset bangsa yang akan menjadikan bangsa Indonesia semakin beragam dengan kekayaannya. Pada realitas yang ada terkadang hal ini justru menjadi jurang pemisah antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu dunia pendidikan menjadi salah satu sasaran yang dapat dijadikan agen yang mampu menyampaikan pemahaman tentang realitas multikultural di Indonesia. Dalam hal ini maka pendidikan yang mengarah pada penguatan multikultural dapat dilakukan melalui penemuan salah satu model pendidikan berbasis multikultural melalui proses pembelajaran. Melalui kajian ini maka penulis melakukan suatu analisis tentang penemuan suatu model pendekatan pendidikan yang berbasis multikultural dari analisis literasi hasil penelitian. Model pendidikan berbasis multikultural menjadi salah satu hal yang sangat urgensi dan perlu diperhatikan, karena pada dasarnya meskipun wacana kurikulum tentang multikultural sudah sering diperbincangkan namun sampai saat ini belum ada realisasinya. Kata Kunci: Model Pendidikan Berbasis Multikultural, Pembelajaran, Perguruan Tinggi