Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran GeoGebra pada kelas eksperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional untuk materi Garis dan Sudut kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung yang terdiri dari lima kelas. Dari lima kelas tersebut, kelas VIIA dan VIIB terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya kedua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIIA diberi perlakuan media pembelajaran GeoGebra dan kelas VIIB diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, sedangkan instrumen tes yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal pretest dan posttest pemecahan masalah. Teknik analisis data untuk melihat pengaruh media pembelajaran GeoGebra dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah uji t. Hasil perhitungan hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa hasil nilai sig.=0,038 lebih kecil dari α sehingga H_0 ditolak. Artinya, Media pembelajaran GeoGebra di kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Garis dan Sudut di SMP Negeri 2 Pulung. Kata Kunci: Media Pembelajaran GeoGebra, Pemecahan Masalah.