UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII F SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG
Main Author: | LILA, NURANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/4299/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/4299/ http://eprints.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti adalah siswa kelas VII F di SMP Negeri 1 Kecamatan Balong yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non – tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi guru dan siswa. Analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan siswa yang dengandiajar model Problem Based Learning secara klasikal mengalami peningkatan, antara lain: kemampuan siswa memahami masalah sebesar 96,8%;kemampuan siswa merencanakan strategi penyelesaian masalah sebesar 80,9%;kemampuan siswa menyelesaikan masalah sebesar 86,8% dan kemampuan siswa menafsirkan solusinya atau mengecek kembali sebesar 85,3%. Untuk peningkatan rata –rata observasi kegiatan guru dalam siklus I sebesar 73,5% sedangkan pada siklus II perolehan observasi kegiatan guru sebesar 84%. Untuk kegiatan guru dalam model Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan kategori baik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.