Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa dikarenakan kurangnya bahan ajar yang menunjang penanaman konsep materi matematika dan cara belajar siswa yang bersifat hafalan sehingga konsep pada materi ini mengambang, maka diperlukan pengembangan bahan ajar baru yaitu modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul matematika menggunakan desain belajar ELPSA pada materi volume bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar matematika kelas VIII SMP/ MTs. Model pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya, maka penelitian dilakukan sampai pada tahap ujicoba produk (ujicoba terbatas). Setelah divalidasi oleh dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika, menunjukkan bahwa persentase validasi adalah 81,4% sehingga modul dapat dinyatakan valid, kemudian hasil respon siswa dengan skor total 95,1% sehingga modul dapat dikatakan praktis. Hasil tes akhir siswa menunjukkan ketuntasan belajar mencapai 80% dapat dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan efektif. Kata kunci: Modul, bangun ruang sisi datar, ELPSA, kevalidan