Daftar Isi:
  • Masalah yang dikaji pada skripsi ini adalah bagaimana manajemen isu RSU ‘Aisyiyah Ponorogo dalam menghadapi komplain oleh masyarakat yang dilakukan oleh pihak humas Rsu ‘Aisyiyah Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bagian humas Rsu ‘Aisyiyah Ponorogo mengelola isu yang muncul mengenai layanan fasilitas, layanan dokter, layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) agar dapat mempertahankan citra perusahaan. Untuk mengetahui persoalan secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara yang nantinya akan dianalisis menggunakan teori manajemen isu menurut chase, jones & crame terdapat 5 indikator yaitu 1) identifikasi isu , 2) analisis isu, 3) perencanaan strategi, 4) penerapan strategi dan 5) evaluasi hasil. Humas RSU ‘Aisyiyah ponorogo menggunakan dari kelima indikator tersebut untuk mengelola komplain pelayanan oleh masyarakat terhadap pelayanan yang disediakan oleh pihak RSU ‘Aisyiyah Ponorogo. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengantisipasi isu yang muncul agar tidak menjadi konflik dan juga dapat mempertahankan citra perusahaan. Kata Kunci : Manajemen Isu, Humas, Komplain pelayanan.