IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN 3 JUZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH INOVATIF BAJANG MLARAK KABUPATEN PONOROGO
Main Author: | HARISTYO, YERY AWANG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3841/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3841/ http://eprints.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Implementasi, Tahfidzul Qur'an , Karakter dan Islami Program tahfidzul Qur’an 3 juz dalam membentuk karakter islami di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif Bajang Mlarak Kabupaten Ponorogo mengutamakan minat siswa dulu kemudian menjadi kebiasaan karena berkaitan dengan pembentukan karakter. Karakter yang dibentuk dari program tahfidzul Qur’an meliputi akhlak yang baik terhadap orang tua, teman sebaya, dan rasa cinta terhadap al-Qur’an. SD Muhammadiyah Inovatif juga mengalami kendala seperti alokasi waktu tahfidz di kelas itu kurang. Kemudian kesadaran dari beberapa anak yang masih kurang dalam menghafal al-Qur’an, serta ketika mereka sudah setoran hafalan kemudian ada hafalan baru mereka jadi lupa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program tahfidzul qur'an 3 juz dalam membentuk karakter Islami di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif Bajang Mlarak Kab. Ponorogo. Obyek penilitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif Bajang Mlarak Ponorogo yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait dengan implementasi program tahfidzul qur'an 3 juz dalam membentuk karakter Islami di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif Bajang Mlarak Ponorogo dianalisi dengan metode kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program tahfidzul qur'an 3 juz dalam membentuk karakter Islami di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif Bajang Mlarak Ponorogo pada hal implementasi tahfidzul qur’an di sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif program Tahfidzul Qur’an sebagai pelajaran ekstra, disesuaikan dengan kondisi siswa. Karakter Islami yang dibentuk dari program tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif memiliki dasar baca tulis al-Qur’an yang baik, rasa cinta terhadap al-Qur’an, perilaku baik terhadap orang tua dan teman sebaya. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Inovatif terkait masalah teknis. Dengan berpijak data di atas, maka peneliti menyarankan, alangkah baiknya penerapan pendidikan karakter harus dilaksanakan oleh semua anggota sekolah, Guru sebagai pemberi informasi sekaligus pendidik yang seharusnya membimbing dan mengarahkan siswa agar berkarakter sesuai ajaran agama Islam sesuai syariat Islam dan orang tua harus turut berperan dalam memantau perkembangan keilmuan dan perilaku anak di rumah.