UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 6 PULUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | MAR’ATUS SOLECHAH, IKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/377/1/COVER.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/2/ABSTRAK.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/3/BAB%20I.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/4/BAB%20II.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/5/BAB%20III.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/6/BAB%20IV.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/7/BAB%20V.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/8/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.umpo.ac.id/377/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Hasil belajar Siswa Dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) ini siswa diajak berpikir kritis, kreatif, dan memahami materi pelajaran, tidak hanya mendengar, menerima, dan mengingat saja. Namun dengan pendekatan ini keaktifan, kerjasama, kemandirian dan ketrampilan siswa dapat dikembangkan dan pemahan konsep yang diperoleh dapat berkembang secara positif. Hasil observasi yang dilakukan dikelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Pulung Tahun Ajaran 2012/2013 guru masih menggunakan tehnik pembelajaran yang bercorak teoritis dan hafalan, guru jarang menyuruh siswa untuk berdiskusi, sehingga siswa kurang tertarik dan berminat dalam mengikuti pelajarannya yang menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Pulung dengan jumlah 30 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah Lingkaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data observasi aktifitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 45.50%, rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal 45.33 dan persentase aktivitas guru secara klasikal sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa secara klasikal memperoleh 72.75%, rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal 76.33, dan persentase aktivitas guru memperoleh 87.50% Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Pulung tahun pelajaran 2012/2013.