PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Main Author: | ISNAWATI, YUYUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3620/1/COVER.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3620/ http://eprints.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII MTsN Sampung Ponorogo yang terdiri dari enam kelas. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIIA terpilih sebagai kelas eksperimen . Kelas VIIIA diberi perlakuan scaffolding dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh Scaffolding terhadap representasi matematis siswa ditinjau dari masing-masing variabel terikat adalah uji t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan scaffolding berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hasil tes menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa sesudah diberi perlakuan scaffolding lebih baik dari pada sebelum diberi perlakuan. Kata Kunci: Scaffolding, kemampuan representasi matematis.