PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEC. SAWOO
Main Author: | RETNASARI, MAYA DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3470/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3470/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Sawoo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian tipe quasi experimental design adalah the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Sawoo yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut, kelas VIII C dan VIII D terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya, dua kelas dipilih kembali secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan saintifik dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes dan non tes. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes dengan indikator kemampuan pemahaman konsep, angket sikap, dan catatan harian siswa. Teknik analisis data digunakan untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII C yang diberi pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas VIII D. Dari hasil analisis, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: saintifik, pembelajaran langsung, pemahaman konsep.