PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONG
Main Author: | WADDATUL UMMAH, NOVITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3460/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3460/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa ada pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui mana yang lebih baik diantara pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balong Ponorogo yang terdiri dari tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut diambil secara acak sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIIIC dan VIIID. Selanjutnya dua kelas tersebut diambil secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIIIC diberi perlakuan pendekatan reciprocal teaching dan kelas VIIID diberi perlakuan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes dengan indikator komunikasi matematis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan kedua pendekatan tersebut. Teknik analisa data untuk melihat pengaruh pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching ditinjau dari masing-masing variabel terikat dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pendekatan Model- Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik dibandingkan dengan pendekatan reciprocal teaching. Siswa memiliki respon yang baik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Model- Eliciting Activities (MEAs) maupun dengan pendekatan reciprocal teaching. Kata Kunci: Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs), pendekatan reciprocal teaching, komunikasi matematis.