ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Main Author: | TRIANI, TITIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3255/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/8/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3255/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Seiring pesatnya perkembangan lembaga keuangan, perbankan, sektor pemerintahan dan swasta membuat prospek kerja lulusan program studi S1 Akuntansi menjadi sangat luas. Untuk dapat mengetahui seberapa cukup ilmu akuntansi yang sudah dimiliki lulusan program studi S1 akuntansi agar bisa melaksanakan perannya di dunia kerja dapat dilihat melalui tingkat pemahaman akuntansi yang didapat ketika dibangku perkuliahan. Oleh karena itu, pemahaman dan prestasi yang memuaskan dari mahasiswa merupakan bentuk keberhasilan belajar yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Tenaga Pengajar/Dosen. Dalam memahami akuntansi tentunya ada faktor yang mempengaruhi mahasiswa. sehingga dalam penelitian ini diduga yang berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual serta perilaku belajar mahasiswa yang merupakan faktor yang berpengaruh pada tahap pengalaman perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi S1 yang masih aktif kuliah hingga tahun 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2013 Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan jpumlah responden 152. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa, kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa, sedangkan perilaku belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Pemahaman Akuntansi Mahasiswa.