ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SWALAYAN SURYA PUSAT PONOROGO
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya swalayan yang berada di Ponorogo, dan meskipun banyak pesaingnya swalayan surya tetap menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Ponorogo. Perusahaan ritel yang besar ini membutuhkan Analisis SWOT guna mendapatkan strategi yang tepat dalam menjalankan perusahaan sekaligus dapat memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SWOT sebagai strategi pemasaran dalam menngkatkan daya saing dan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada swalayan surya. Metode yang digunakan adalah Deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan keadaan yang ada di Swalayan Surya. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, Wawancara dilakukan dengan bagian. Dari hasil penelitian yaitu Swalayan Surya memiliki kekuatan diantaranya jaringan pemasaran yang luas dan dekat dengan konsumen, Swalayan Surya memiliki reputasi yang baik sarana pemasaran atau pembelanjaan baik dan mempunyai segmen pasar sendiri, pelayanan yang baik dan bisa melayani delivery order, dan tempat yang strategis. Dengan peluang yang ada yatu daya beli masyarakat meningkat, pangsa pasar yang luas, teknologi yang semakin berkembang, menguasai pasar di Ponorogo, dan selera masyarakat yang berubah-ubah