Daftar Isi:
  • Pendidikan tinggi akuntansi yang di selenggarakan di perguruan tinggi bertugas untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan akuntansi yang dapat di jadikan bekal dalam dunia kerja. Namun agar kecerdasan intelektual berfungsi secara lebih baik dan efektif dalam memahami akuntansi di butuhkan adanya keseimbangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan mahasiswa aktif di jurusan S1 akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 responden. Analisis regresi dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini kecerdasan intelektual secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akutansi. Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntan. Dan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Pemahaman Akuntansi.