MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMP N 2 SOOKO TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | SOIJEM, HENY HILIYATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3104/1/HALAM%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3104/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017; 2) mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada materi aljabar kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Dari hasil Penelitian tindakan kelas tersebut penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut: a) mengorientasi siswa pada masalah; b) mengorganisasi siswa untuk belajar; c) membimbing pengalaman individu/kelompok; d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; e) menganalisis dan mengevaluasi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi aljabar siswa kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017 dapat dilihat dari tes siklus I sebesar 44,44% dan meningkat pada tes siklus II menjadi 81,18%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi aljabar di kelas VIII SMP N 2 Sooko tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : prestasi belajar siswa, Problem Based Learning, Aljabar