PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO
Main Author: | FEBRIANDARI, HERDWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/3099/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umpo.ac.id/3099/ http://library.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Dari sepuluh kelas VII dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII H sebagai kelas kontrol dan kelas VII J sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi soal tes dengan indikator pemecahan masalah menurut Polya. Teknik analisis data untuk melihat apakah ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa digunakan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII J yang diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya berbeda dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII H. Dari hasil analisis, nilai rata-rata kelas eksperimen nilai rata-rata kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan langkah-langkah Polya berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa. Kata Kunci: CTL, Langkah-langkah Polya, soal cerita