PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS KECAMATAN JETIS
Main Author: | NURJANAH, IKA SEPTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/306/1/awal%20skripsi.pdf http://eprints.umpo.ac.id/306/2/BAB%201.pdf http://eprints.umpo.ac.id/306/3/BAB%20II.docx http://eprints.umpo.ac.id/306/4/BAB%20111.docx http://eprints.umpo.ac.id/306/5/BAB%201V.docx http://eprints.umpo.ac.id/306/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umpo.ac.id/306/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umpo.ac.id/306/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Nurjanah, Septi Ika. 2013. Penerapan Metode Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Kecamatan Jetis Tahun Pelajaran 2013/2014. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I : Intan Sari Rufiana, S.Pd. Kata Kunci :Metode Pembelajaran Group Investigasi (GI), Prestasi Belajar Siswa. Kurangnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika salah satu sebab rendahnya proses pembelajaran. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung siswa kurang aktif membaca, aktif bertanya, mengemukakan pendapat, dan komunikasi antar siswa saat pembelajaran masih kurang serta kemampuan siswa dalam menjelaskan kepada teman-temannya masih kurang. Keaktifan merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran. Namun keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh siswa melainkan keaktifan guru sebagai pengajar. Karena pentingnya keaktifan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat menarik semangat siswa maupun guru pada saat pembelajaran. Metode pembelajaran Group Investigation (GI) salah satunya metode yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika melalui metode pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Kecamatan Jetis tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis Kecamatan Jetis sebanyak 27 siswa, yang terdiri semua siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 3 Jetis tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I persentase prestasi belajar siswa mencapai persentase 55,55%. Pada siklus II prestasi belajar siswa mencapai persentase 85,18 %.