ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SELULER LEBIH DARI SATU OPERATOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Dan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Main Author: EVA FAFIANTI, TRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umpo.ac.id/3032/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/7/LAMPIRAN%20I.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/8/LAMPIRAN%20II.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/9/LAMPIRAN%20III.pdf
http://eprints.umpo.ac.id/3032/
http://library.umpo.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan pembelian kartu seluler lebih dari satu operator baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa Prodi Akuntansi Dan Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang menggunakan 2 kartu seluler prabayar GSM (Global System for Mobile Communication) beda operator. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan responden berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel bila orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Faktor budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu seluler 2 operator, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,212, nilai thitung > ttabel (3,121>1,98827), dan nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05; (2) Faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu seluler 2 operator, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,266, nilai thitung > ttabel (4,192>1,98827), dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (3) Faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu seluler 2 operator, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,184, nilai thitung > ttabel (2,762>1,98827), dan nilai signifikansi sebesar 0,007<0,05; (4) Faktor psikologi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu seluler 2 operator, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,122, nilai thitung > ttabel (2,191>1,98827), dan nilai signifikansi sebesar 0,031<0,05; (5) Faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh terhadap keputusan pembelian kartu seluler 2 operator, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (39,295>2,48) dan nilai signifikansi 0,000<0,05. Kata kunci : Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Keputusan Pembelian