PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI YANG INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII
Main Author: | FITRIYANTO, AGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umpo.ac.id/282/1/Judul%20pdf.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/2/Bab1.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/3/Bab2.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/4/Bab3.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/5/Bab4.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/6/Bab5.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/7/Daftar%20pustaka.pdf http://eprints.umpo.ac.id/282/ http://lib.umpo.ac.id |
Daftar Isi:
- Fitriyanto, Agus. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Yang Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. Sumaji, M.Pd Kata Kunci : media pembelajaran, macromedia flash 8 Strategi pembelajaran yang konvensional membuat matematika khususnya geometri nampak begitu sulit. Belajar bukanlah sekedar menghafal, tetapi proses mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman. Salah satu bahan ajar yang dianjurkan adalah media. Media pembelajaran berbasis komputer lewat animasinya akan membantu proses mengkonstruksi pengetahuan tersebut. Skripsi ini bertujuan membuat dan mengembangkan media pembelajaran geometri yang interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash 8 untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII. Untuk membuat dan mengembangkan media yang diinginkan, peneliti mengadapatsi langkah-langkah pengembangan model Sugiyono yang telah dimodifikasi. Berikut langkah-langkah pengembangan tersebut: (1) Menentukan potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba terbatas produk, (7) Revisi produk, (8) Hasil akhir. Berdasarkan hasil validasi dari segi materi, diperoleh persentase sebesar 81,25% dan dari segi media, diperoleh persentase sebesar 78,85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8 masuk pada kriteria valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil ujicoba terbatas diperoleh persentase sebesar 75% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media tersebut dan telah memenuhi kriteria pembelajaran dan kriteria penampilan.